Electronic Resource
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Berdasarkan hasil observasi dan informasi dari guru bidang studi matematika diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ulangan terakhir siswa masih banyak dibawah KKM. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih memegang peran utama dalam pembelajaran sedangkan siswa cenderung pasif sehingga berdampak pada prestasi belajar matematika siswa yang rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba melakukan perbaikan melalui penerapan suatu model pembelajaran yang melibatkan semua siswa aktif selama pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji pada materi menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa dari 66,66% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II dari total seluruh siswa dengan KKM 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI Pakisaji
2130032/SB/2019 | KKI 510 RIA m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain