Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Angkasa Singosari

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Angkasa Singosari

Helvini Nona Inceh - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini,Untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran untuk meningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa SMP Angkasa Singosari melalui model pembelajaran problem solving.Untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas SMP Angkasa Singosari.Untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus I membahas tentang materi Hukum Newton sedangkan Siklus II membahas materi penerapan Hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VIII B Smp Angkasa Singosari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 68,58% dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II sebesar 93,64% dengan kategori baik. Sedangkan dari analisis keaktifan yang dicapai oleh siswa pada siklus I dengan rata-rata 72,32% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80,50%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa pada pra tindakan dengan rata-rata perentase sebesar 77%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77,25% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 79,25%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem solving Berbasis Demonstrasi pada hukum newton dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B Smp Angkasa Singosari


Ketersediaan
2129966/SB/2019KKI 530 INC p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 INC p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 166 hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Prestasi Belajar
Keaktifan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik