Electronic Resource
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model discovery learning. Model discovery learning merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangan berdasarkan pandangan kontruktivisme. Model ini menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap suatu konsep dalam pembelajari melalui ketertiban siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Discovery learning terjadi bila individu terlibat, terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Discovery learning dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi dan penentuan.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang. jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu (Quasi Exprimental Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I sebagai kelas eksprimen dan VII-J sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 2 Malang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes untuk mengukur hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data, disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang.
Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh rata-rata gain score hasil belajar pada kelas eksprimen yaitu 33,59 dan rata-rata gain score kelas kontrol yaitu 26,40. Gain score kelas eksprimen lebih tinggi dari pada gain score kelas kontrol. Hasil analisis uji One Samples t-Test kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 16, 43 dengan signifikan 0,000 dan hasil analisis uji t eksprimen diperoleh nilai thitung = 20,70 dengan signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model discovery learning dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang dan ada pengaruh yang signifikan antara model discovery learning (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).
2129824/SB/2018 | KKI 910 Man p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain