Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Discovery dengan Tinjauan Empiris dan Teoritis pada Materi Tekanan Zat Cair Terhadap Literasi Sains dan High Order Thingking Skill (HOTS) Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Discovery dengan Tinjauan Empiris dan Teoritis pada Materi Tekanan Zat Cair Terhadap Literasi Sains dan High Order Thingking Skill (HOTS) Siswa

Anastasia Bupu Bolo - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Dr, Wartono, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains dan High Order Thinking Skill (HOTS) yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis discovery dengan tinjauan empiris dan teoritis dan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 17 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian literasi sains dan Hots siswa dan dianalisis menggunakan uji analisis varian (ANOVA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada perbedaan literasi sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis discovery dengan tinjauan empiris dan teoritis dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan nilai signifikan 0,000 0,05. (2) Ada perbedaan Hots antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis discovery dengan tinjauan empiris dan teoritis dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan nilai signifikan 0,031 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis discovery dengan tinjauan empiris dan teoritis berpengaruh secara positif terhadap literasi sains dan Hots. Namun model pembelajaran literasi sains dan Hots memberikan pengaruh secara terpisah terhadap penguasan konsep siswa.


Ketersediaan
2129746/SB/2018KKI 530 BOL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 BOL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 215 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Kooperatif, Think Pair Share (TPS)
Discovery
Literasi Sains High Order Thinking Skill (HOTS)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik