Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Multimedia Gambar Interaktif Pada Materi IPS Tema Keberagaman Budaya
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang multimedia sebagai media pembelajaran interaktif pada materi IPS tema Keberagaman Budaya kelas IV semseter 1. (2) Menghasilkan produk pembelajaran multimedia gambar interaktif yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPS dengan tema Keberagaman Budaya. (3) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran berbentuk multimedia gambar interaktif pada materi IPS tema keberagaman budaya siswa kelas IV SDN Pandanwangi 1 Malang.
Pengembangan ini mengadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (1989) tetapi hanya sampai tahap Research and Information collection (Penelitian dan pengumpulan data), Planning (perencanaan), Develop Preliminary form of Product (pengembangan draf produk awal), Preliminary Field Testing (melakukan uji coba lapangan awal). Pengembangan ini dinilai oleh ahli materi, yaitu dosen yang ahli dibidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan ahli media, yaitu dosen yang ahli di bidang pengembangan media serta direspon oleh guru dan siswa kelas IV SDN Pandanwangi 1 Malang dalam uji coba lapangan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema Keberagaman Budaya.
Hasil penilaian menurut ahli materi adalah sangat valid dengan rata-rata presentase 91,67%, berdasarkan ahli media adalah sangat valid dengan rata-rata presentase 89,58%, hasil uji kepraktisan rata-rata presentase 93%, uji keefektifan rata-rata presentase 84,31%. Dengan demikian, Media pembelajaran berbentuk multimedia gambar interaktif pada materi IPS tema Keberagaman Budaya ini layak digunakan dalam proses pembelajaran IPS kelas IV SD dan efektif dalam penggunaannya untuk siswa kelas IV SDN Pandanwangi 1 Malang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji keefektifan media pembelajaran diharapkan siswa dan guru dapat menggunakan media pembelajaran pada saat proses belajar.
2129470/SB/2018 | KKI 372 DEW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain