Electronic Resource
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL), 2) perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang memiliki kemampuan kerja ilmiah yang tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan kerja ilmiah yang rendah, 3) interaksi antara model Problem Based Learning (PBL) berbasis asesmen kinerja terhadap penguasaan konsep Fisika ditinjau dari kemampuan kerja ilmiah siswa. Desain penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan menggunakan rancangan posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 68 siswa dengan rincian 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep fisika dan lembar observasi kemampuan kerja ilmiah siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) (F = 30,232; Sig < 0,05). 2) terdapat perbedaan penguasaan konsep Fisika antara siswa yang memiliki kemampuan kerja ilmiah yang tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan kerja ilmiah yang rendah (F = 5,770; Sig < 0,05). 3) terdapat interaksi antara model Problem Based Learning (PBL) berbasis asesmen kinerja terhadap penguasaan konsep Fisika ditinjau dari kemampuan kerja ilmiah siswa (F = 7,765; Sig < 0,05).
2129251/SB/2018 | KKI 530 JEH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain