Electronic Resource
Hubungan Antara Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas X SMA Negri 6 Malang
Pendidikan sebagai salah satu proses perubahan pada pembentukan sikap, kepribadian dan keterampilan manusia untuk menghadapi masa sekarang dan masa yang akan datang. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan itu dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor yang menyangkut perilaku manusia, kemampuan dan kemauan belajar sehingga pada akhirnya proses mendorong pertumbuhan dan perkembangan kearah suatu tujuan yang dicita-citakan dan diharapkan perubahan tersebut membawa dampak positif.Dalam belajar motivasi memegang peranan penting. Motivasi adalah sebagai pendorong siswa dalam belajar. Intensitas belajar siswa sudah tentu dipengaruhi oleh motivasi. Dalam belajar diperlukan suatu aktivitas sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukankegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Itulah sebabnya aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting di dalam interaksi belajar mengajar. Sebagai rasionalitasnya hal ini mendapatkan pengakuan dari berbagai ahli pendidikan. Frobel dalam (Sadirman 2004:96)mengatakan bahwa “manusia sebagai pencipta”. Dalam ajaran agama pun diakui bahwa manusia adalah sebagai pencipta yang kedua (setelah Tuhan). Secara alami anak didik memang ada dorongan untuk mencipta. Anak adalah suatu organisme yang berkembang dari dalam. Prinsip utama yang dikemukasskan Frobel bahwa anak itu harus bekerja sendiri. Untuk memberikan motivasi, maka diperlukan suatu semboyan “berfikir dan berbuat”. Prestasi pada dasarnya adalah hasil yang diperoleh dari suatu aktivitas. Sedangkan belajar pada dasarnya adalah suatu proses yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu,yakni perubahan tingkah laku. Dengan demikian dapat diambil pengertian yang cukup sederhana mengenai hal ini. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dala belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa motivasi sangat di butuhkan dalam proses belajar mengajar di sekolah guna meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA NEGERI 6 MALANG, khususnya mata pelajaran PKn (pendidikan Kewarganegaraan). Untuk mengungkapkan prestasi belajar siswa akan diberikan beberapa pertanyaan dengan menggunakan angket, penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun pelajaran 2015/2016 , yang jumlahnya 90 siswa. Sampel sejumlah 30 siswa ditunjukkan secara acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan menggunakan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan yaitu dengan deskriptif korelasi.
2124741/SB/2017 | KKI 371.114 DIA h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain