Electronic Resource
Korelasi Antara Pemberian Motivasi Oleh Guru Dengan Perestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII Semester Tahun Ajaran 2014/2015 SMP Negri 1 Pakisaji Malang
Motivasi adalah rangsangan, dorongan atau pun pembangkit tenaga yang dimiliki seseorang atau sekelompok masyarakat yang mau berbuat dan bekerjasama secara optimal dalam melaksanakan sesuatu yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Prestasi belajar merupakan suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan yang dilakukan siswa untuk memperoleh suatu hasil atau prestasi diraport. Prestasi belajar merupakan kemampuan nyata yang dapat diukur dan dinilai meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini lebih menekankan pada permasalahan: (1)Bagaimana pemberian motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang(2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang(3) Adakah korelasi antara pemberian motivasi terhadap prestasi belajar siswa Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana peemberian motivasi oleh guru dalam meningkatakan prestasi belajar siswa. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. (3) Untuk mengetahui korelasi antara pemberian motivasi guru terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PPKn. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner untuk (motivasi belajar) dan dokumentasi untuk (prestasi belajar siswa) dalam penelitiannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang berjumlah 215 siswa. Karena lebih dari 100 responden maka peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel proposional random sampling maka sampelnya sebanyak 32 responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menghubungkan variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) sehingga diketahui bentuk hubungannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan hubungan antara variabel motivasi belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) terdapat korelasi yang signifikan jika dilihat dari angka signifikan (sig) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Jika angka signifikan < dari 0,05 artinya ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Sehingga Ha1 diterima dan Ho1 ditolak.
2122492/SB/2015 | KKI 340 MER k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain