Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP LPPUK Lawang Dengan Metode Karya Wisata
Menulis puisi merupakan keterampilan bersastra yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII dengan tujuan untuk meningkatkain kreativitas siswa. Di dalam
kurikulum Bahasa Indonesia, materi menulis kreatif puisi terdapat pada pembelajaran yang diajarkan kelas VIII SMP yakni menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Menulis puisi masih dianggap sulit oleh siswa, salah satunya disebabkan guru menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan dan merasa semakin kesulitan menulis puisi. Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan metode karya wisata di SMP LPPUK Lawang.
Adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan penggunaan metode karya wisata dalam pengajaran menulis puisi siswa kelas VIII
SMP LPPUK Lawang. dan (2) meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP LPPUK Lawang melalui penerapan metode karya wisata. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas SMP LPPUK Lawang.
Tindakan dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan rincian 2 kali pertemuan setiap siklus. Pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP LPPUK Lawang
diketahui bahwa kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan, hanya terdapat 3 orang siswa (12%) yang memenuhi
kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 57,1. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 58,5 ada 7 orang siswa (28%) yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan, namun masih ada 18 orang siswa (72%) yang belum memenuhi kriteria ketuntasan sehingga peneliti perlu mengadakan siklus II untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada siklus I dan sebagai penguatan terhadap hasil yang dicapai pada siklus I. Selanjutnya dilakukan lagi tindakan pada siklus II dan hasilnya meningkat dengan rata-rata nilai 82,6 dengan prosentase 96 % atau 24 siswa memenuhi kriteria ketuntasan, dan 4 % atau 1 siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan.
2119064/SB/2015 | KKI 410 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain