Electronic Resource
Analisis Gaya Bahasa Iklan Sampo Di Televisi
Bahasa merupakan salah satu hasil budaya manusia yang bernilai sangat tinggi. Budaya dan bahasa saling berhubungan erat dan tidak dapat terpisahkan. Budaya berkembang seiring dengan berkembangnya bahasa, begitu pula sebaliknya. Masyarakat tidak dapat berhubungan satu sama lain tanpa adanya bahasa. Peranan bahasa sebagai alat interaksi sosial sangat besar. Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi dan melalui bahasa pula manusia dapat mengekspresikan apa yang menjadi pikiran dan perasaannya. Penggunaan bahasa dalam bidang perdagangan digunakan untuk menyampaikan informasi dari produsen kepada konsumen, salah satunya melalui wahana iklan. Iklan adalah sebuah komunikasi persuasif yang mampu mengubah perilaku khalayak. Sebuah iklan diciptakan untuk dapat menggiring pola pikir dan atau tindakan-tindakan yang diharapkan oleh pembuat iklan. Daya pikat iklan dibangun untuk mengingatkan khalayak pada citraan tertentu. Tujuan dari pembuatan iklan adalah menginformasikan produk baru, menarik perhatian pembaca, mempengaruhi dan membujuk konsumen untuk menggunakan dan membeli produk yang ditawarkan. Salah satu produk yang sering diiklankan di media televisi adalah produk sampo. Produk sampo yang diklankan di televisi merupakan hasil produksi beberapa perusahaan, dan tentunya setiap perusahaan ingin agar produknya yang paling banyak dimintai oleh pemirsa dan juga konsumen.
Tujuan penelitian ini umum adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa dan pesan yang ditonjolkan pada iklan shampo di televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataP dokumenter berupa rekaman iklan di televisi. Jenis iklan yang dipilih adalah iklan shampo di televisi. Iklan tersebut ditayangkan oleh stasiun penyiaran televisi nasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berpatokan kebutuhan analisa. Teknik pengumpulan yang dilakukan yaitu dokumentasi. Metode analisis data yang akan dipergunakan adalah metode analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: 1) Gaya bahasa yang terdapat dalam iklan shampo di televisi yaitu gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa pleonasme, gaya bahasa alegori, gaya bahasa pararelisme dan gaya bahasa metáfora; 2) Pesan yang ditonjolkan dalam iklan sampo di televisi yaitu manfaat produk, mutu produk, jaminan produk.
2119015/SB/2015 | KKI 410 KAI a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain