Electronic Resource
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2006 Pada Novel "Surat Dahlan" Karya Khrisna Pabichara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter dalam kurikulum 2006 dari novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara.Nilai pendidikan karakter dalam kurikulum 2006 dalam novel Surat Dahlan ini, yaitu nilai rasa hormat, dapat dipercaya, ketulusan, tekun, perhatian, berani dan tanggung jawab. Peneliti menganggap ketujuh nilai itulah yang terdapat dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara tersebut.
Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur bertanggung jawab, menghormati orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Karakter berkaitan dengan konsep moral, sikap moral, dan perilaku moral. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa cuplikan baris yang ada dalam novel Surat Dahlan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan teknik obsevasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik reduksi data, kedua peneliti melakukan display datadan ketiga peneliti melakukan penarikan simpulan. Pada reduksi data, peneliti menemukan 87 data yang terdiri dari tujuh nilai pendidikan karakter dalam kurikulum 2006, dari sekian data peneliti mereduksi data tersebut pada tahap pengklasifikasian data, dengan dasar untuk mengambil data yang lebih relevan, yang disajikan (dipaparkan) pada bagian pembahasan.
Dalam bagian pembahasan, peneliti memaparkan tentang tabel klasifikasi data, tabel terdiri dari tujuh jenis nilai yang telah dirumuskan sebagai topik pembahasan penelitian, yaitu nilai rasa hormat, dapat dipercaya, ketulusan, tekun, perhatian, berani dan tanggung jawab. Dari tabel klasifikasi data tentang masingmasing nilai, selanjutnya peneliti memaparkan deskripsi dari tabel klasifikasi tersebut, berdasarkan masing-masing nilai yang telah dikelompokkan oleh peneliti dan selanjutnya memaparkan implikasinya dalam novel Surat Dahlan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, terbukti dari ketujuh nilai yang dianggap peneliti sering digunakan (menonjol) dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara tersebut, nilai rasa hormatlah yang paling banyak digunakan dalam novel tersebut. Sebagai buktinya yaitu dari 87 data tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam kurikulum 2006, nilai rasa hormat ditemukan sebanyak 23 data, nilai dapat dipercaya sebanyak 13 data, nilai ketulusan sebanyak 9 data, nilai tekun terdapat 7 data, nilai perhatian 13 data, nilai berani terdapat 10 data, dan nilai tanggung jawab terdapat 12 data. Dan ketujuh nilai tersebut di implikasikan dalam novel tersebut.
2118997/SB/2015 | KKI 410 RAT n/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain