Electronic Resource
Pengaruh Lingkungan Belajar, Kegiatan Ekstrakurikuler, Dan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Malang)
Lingkungan belajar dapat diciptakan sedemikian rupa, sehingga mampu memfasilitasi peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar. Kegiatan ekstrakurikuler bisa dikatakan sebagai kegiatan yang dapat dijadikan sebagai wadah bagi siswa yang memiliki minat mengikuti kegiatan tersebut. Melalui bimbingan dan pelatihan guru, kegiatan ekstrakurikuler dapat membentuk sikap positif terhadap kegiatan yang diikuti oleh para siswa. Bimbingan belajar merupakan suatu bentuk kegiatan dalam proses belajar yang dilakukan oleh seseorang yang telah memiliki kemampuan lebih dalam banyak hal untuk diberikan kepada orang lain.
Prestasi belajar adalah bukti usaha yang dapat dicapai. Prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang, baik berupa kuantitas maupun kualitas, sebagai akibat perbuatan belajar yang telah dilakukan oleh seseorang. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar, kegiatan ekstrakurikuler dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 23 Malang pada bulan Oktober Sampai Februari 2014 dengan populasi siswa kelas VIII sejumlah 144 siswa, yang kemudian diambil sampel dengan teknik proportional random sampling sejumlah 52 siswa. Jenis penelitian penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan instrument yang digunakan berupa angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 15.00 for windows. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di temukan hal-hal sebagai berikut. Lingkungan belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai sig. 0,779. Kegiatan Ekstrakurikuler memiliki pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai sig. 0,011. Bimbingan Belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai sig. 0,277. Secara simultan lingkungan belajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan bimbingan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai sig. 0,045.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah lingkungan belajar dan bimbingan belajar tidak memiliki pengaruh signifikan, kegiatan ekstrakurikuler memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan secara bersama-sama lingkungan belajar, kegiatan ekstrakurikuler dan bimbingan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS. Peneliti menyarankan sekolah agar memperhatikan lagi kondisi sekolah yang bersih dan kondusif agar siswa dapat belajar dengan nyaman.
2118891/SB/2015 | KKI 371,657 ANU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain