Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Demonstrasi Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 17 Malang Tahun Ajaran 2013/2014
Pelajaran fisika untuk sebagian besar siswa kelas VIII.D SMP Negeri 17 Malang merupakan pelajaran yang menakutkan karena banyak terdapat rumus, dan juga pembelajarannya yang membosankan, banyak siswa yang belum termotivasi untuk belajar dan menemukan sendiri persoalan yangg ada dalam fisika, dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw berbasis demonstrasi dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada siswa dan juga meningkatkan motivasi serta prestasi belajar, siswa lebih mudah memahami materi, siswa bisa saling membelajarkan satu sama lain dan juga siswa bisa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kualitas proses pembelajaran menggunakan model jigsaw berbasis demonstrasi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. (2) Mengetahui peningkatanmotivasi siswa pada pembelajaran Fisika dengan penerapan model jigsaw berbasis demonstrasi. (3) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika dengan penerapan model Jigsaw berbasis Demonstrasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 17 Malang sebanyak 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis demonstrasi dapat terlaksana dengan baik pada mata pelajaran IPA Fisika dengan rata-rata presentase tiap siklusnya yakni 68% pada siklus I dan 88% pada siklus II. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis demonstrasi pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari rata-rata presentase tiap siklusnya yakni 57% pada siklus I dan 79% pada siklus II. (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis demonstrasi pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari rata-rata tiap siklusnya yakni 59 pada pra tindakan, 72 pada siklus I dan 88 pada siklu II.
2118614/SB/2015 | KKI 530 PED p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain