Electronic Resource
Hubungan Pola Asuh Orang Tua di Rumah Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Bungatan Kabupaten Situbondo
Orang tua memiliki sikap-sikap tertentu dalam memelihara, membimbing dan mengarahkan putra-putrinya. Sikap tersebut tercermin dalam pola pengasuhan kepada anaknya di rumah yang berbeda-beda, karena orang tua mempunyai pola pengasuhan tertentu. Dari model pengasuhan orang tua akan mendorong motivasi belajar anak untuk lebih maju dalam mewujudkan harapan dan keinginannya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dirumah dengan motivasi belajar siswa SMP Bungatan Kabupaten Situbondo. Pola asuh yang diberikan orang tua di rumah terhadap siswa SMP Bungatan Kabupaten Situbondo suda cukup bagus namun pelaksanannya masi kurang sempurna misalnya komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah dengan kuirangya perhatian terhadap rapat-rapat yang diadakan sekolah. Orang tua memiliki sikap-sikap tertentu dalam memelihara, membimbing dan mengarahkan putra-putrinya. Sikap tersebut tercermin dalam pola pengasuhan kepada anaknya di rumah yang berbeda-beda, karena orang tua mempunyai pola pengasuhan tertentu. Dari model pengasuhan orang tua akan mendorong motivasi belajar anak untuk lebih maju dalam mewujudkan harapan dan keinginannya. Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian deskriptif dan analisis Korelasi, Penelitian ini menggunakan uji coba validitas dan reliabilitas dengan sampel 44 anak. Populasinya adalah kelas VIII yang berjumlah 174 Siswa SMPN Bungatan Kabupaten Situbondo. Instrumen yang digunakan adalah angket pola asuh dan motivasi belajar dengan menggunakan Angket tertutup. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan melalui analisis statistik dengan menggunakan hasil tehnik korelasi diperoleh hasil rhitung=070 dengan demikian ( Ha ) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dirumah dengan motivasi belajar siswa SMP Bungatan Kabupaten Situbondo. Besarnya korelasi sebesar 0,70 menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah : 1) untuk pihak sekolah bahwa penelitian ini menunjukkan hubungan yang kuat antara pola asuh orang tua di rumah dengan motivasi belajar, berarti semua elemen sekolah dalam mendidik anak harus menjalin hubungan yang harmonis dengan orang tua supaya motivasi belajar anak tetap tinggi 2) diharapkan pembimbing meningkatkan layanan belajar agar siswa terjaga motivasi belajarnya baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga bisa memporoleh hasil yang maksimal. 3) bagi pihak orang tua diharapkan untuk memberi pengasuhan dirumah yang positif dan baik dengan demikian motivasi belajarnya akan terjaga terlebih kalau bisa ditingkatkan sehingga diharapkan prestasi belajarnya bisa meningkat 4) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini bisa dipakai sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian tentang pola asuh dan motivasi belajar.
2115561/SB/2014 | 371,114 Tri h | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain