Electronic Resource
Moderasi Company Size pada Leverage Terhadap Islamic Social Reporting (ISR)
Islamic Social Reporting (ISR) penting untuk dilakukan sebagai bentuk
tanggung jawab sosial perusahaan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moderasi company size pada leverage
dan profitabilitas terhadap islamic social reporting. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SmartPLS.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Bank Umum Syariah (BUS)
yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penentuan sampel dengan
metode purposive sampling. Jumlah Bank Umum Syariah yang digunakan sebagai
sampel penelitian berjumlah 7 Bank Umum Syariah dengan periode pengamatan
tujuh tahun yaitu 2014-2020 maka sampel penelitian ini berjumlah 49. Penelitian
ini menunjukkan bahwa leverage tidak mempengaruhi islamic social reporting.
Profitabilitas berpengaruh terhadap islamic social reporting, sedangkan company
size mampu memoderasi leverage terhadap islamic social reporting namun
company size tidak dapat memoderasi profitabilitas terhadap islamic social
reporting. Pengungkapan islamic social reporting berhubungan dengan leverage
dan profitabilitas serta company size. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan
sebagai pengambilan keputusan bagi pemangku kepentingan dan masyarakat
dengan mengevaluasi aspek tanggung jawab sosial perusahaan.
| SB00788S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain