Electronic Resource
Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Aljabar dengan Tahapan Kastolan di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang
Hasil observasi di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang
menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal aljabar pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Peserta didik kurang memahami materi sehingga merasa kesulitan dalam
menyelesaikan soal matematika, tidak dapat mengubah soal cerita kedalam bentuk
matematis dan tidak memahami konsep sehingga kemampuan pemecahan masalah
masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal aljabar dengan tahapan
kastolan di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Tahapan kastolan yang
digunakan meliputi kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan
teknik. Alasan peneliti menggunakan tahapan kastolan karena dalam penelitian ini
terdapat permasalahan yang muncul yang di sebabkan oleh berbagai macam faktor
salah satunya yaitu kesalahan pada pemahaman konsep yang dimana jenis
kesalahan tersebut sesuai dengan proses analisis kesalahan pada tahapan kastolan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 subjek penelitian dari peserta didik kelas
VIII B SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang tahun ajaran 2022/2023 yang
diikuti oleh 18 peserta didik dari 20 peserta didik, 2 peserta didik tidak mengikuti
tes tertulis dikarenakan sakit. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan
tes tertulis, wawancara, dan dokume ntasi. Keabsahan data dilakukan dengan
menggunakan teknik triangulasi metode. Data dianalisis dengan tahap reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
| SB00787S | KKI 510 WIS a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain