Electronic Resource
Penguatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Peran Serta Kegiatan Pramuka
Pengembangan potensi peserta didik tidak terlepas dari Pancasila sebagai
dasar pelaksanaan pendidikan. Profil Pelajar Pancasila merupakan program
Kemendikbud untuk mengatasi problematika saat ini. Pelaksanaan Profil Pelajar
Pancasila pada sekolah-sekolah masih belum maksimal dalam pelaksanaannya.
Penelitian dengan judul “Penguatan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui
Peran Serta Kegiatan Pramuka”, memiliki rumusan masalah bagaimana
pelaksanaan nilai-nilai Profil Pelajar pancasila, adakah hambatan dalam
pelaksanaannya, dan bagaimana penguatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
melaui peran serta kegiatan pramuka di SMP PGRI 1 Kromengan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai Profil Pelajar
pancasila, hambatan dalam pelaksanaannya dan mengetahui penguatan yang
dilakukan dengan kegiatan pramuka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data Reduction, data display,
dan verification. Landasan teori yang digunakan adalah teori pembelajaran
humanistik Carl Rogers, Profil Pelajar Pancasila, dan kegiatan pramuka.
| SB00783S | KKI 371.114 IND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain