Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Audio Visual Pada Materi Peran Pelaku Ekonomi Dalam Perekonomian Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 19 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS
berbasis audio visual pada materi peran pelaku ekonomi dalam perekonomian
untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Malang yang layak dan efektif untuk
digunakan. Latar belakang masalah penelitian ini media pembelajaran yang
kurang bervariasi dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan
model pengembangan Dick & Carey. Langkah-langkah dalam penelitian ini
meliputi: identifikasi tujuan khusus pembelajaran, melakukan analisis
pembelajaran, merumuskan karakter siswa, mengembangkan strategi
pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran, evaluasi formatif, revisi
media pembelajaran (produk) dan evaluasi sumatif. Hasil pengembangan media
pembelajaran IPS berbasis audio visual menunjukkan layak dan efektif untuk
digunakan. Data yang diperoleh dari validator ahli media, ahli bahasa, ahli materi,
dan dilakukan uji coba lapangan yang melibatkan 42 siswa. Penelitian ini
dinyatakan layak dengan dibuktikan dari hasil kelayakan ahli media sebesar 88%,
hasil kelayakan ahli bahasa sebesar 95%, dan hasil kelayakan ahli materi sebesar
96%. Hasil yang diperoleh dari uji coba lapangan sebesar 89%.
| SB00778S | KKI 371.657 UMM p/s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain