Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Metode Montessori Dalam Mengembangkan 
Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas II SDN Gadang 3 Malang

Electronic Resource

Analisis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas II SDN Gadang 3 Malang

Ikke Cecilia Purba - Nama Orang; Dr. Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd - Nama Orang;

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam sistem pendidikan.
Kurikulum 2013 masih menerapakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi,
sehingga proses pembelajaran tidak sesuai perkembangan peserta didik. Metode
Montessori merupakan pendekatan holistik yang menghargai semua aspek
perkembangan anak, termasuk perkembangan fisik, emosional, kognitif, dan
sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode montessori, dalam
mengembangkan kemampuan motorik peserta didik. Metode montessori memiliki
5 indikator dalam penerapan proses pembelajaran, yaitu keaktifan, kemandirian,
kebebasan memilih, sikap tanggung jawab dan kedisiplinan.
Metode montessori tidak hanya meningkatkan kemampuan motorik saja,
namun perkembangan motorik peserta didik tetap menjadi perhatian utama.
Perkembangan motorik adalah perubahan secara progresif pada kontrol dan
kemampuan, untuk melakukan gerakan yang diperoleh melalui interaksi antara,
faktor genetik (genetic) dan kematangan (maturation) serta latihan dan
pengalaman (experiences) selama kehidupan yang dapat dilihat melalui perubahan
atau pergerakan yang dilakukan, kemampuan motorik memiliki 4 indikator yang
dapat meningkatkan kemampuan peserta didik, yaitu menulis, membaca,
menggunting dan menempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
yang dijabarkan dengan menggunakan teks deskriptif. Teknik analisis data
meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru wali kelas II dan peserta didik kelas II.
Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan
pengisian angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, obervasi,
wawancara dan dokumentasi.


Ketersediaan
SB00764SPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 PUR a/s
Penerbit
Malang : Prodi PGSD Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiv, 119 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Peserta Didik
Skripsi
Metode Montessori
Kemampuan motorik
Pendidikan anak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik