Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk 
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 di Kota 
Malang

Electronic Resource

Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 di Kota Malang

Dyah Maitri - Nama Orang; Eva Kartika Wulan Sari, M.Pd. Kons - Nama Orang; Laily Tiarani Soejanto S.Psi, M.Pd. - Nama Orang;

Penurunan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Malang dipengaruhi
beberapa faktor. Motivasi belajar yang rendah akan mengakibatkan menurunnya
hasil belajar siswa dan akan mempengaruhi kualitas Pendidikan di Indonesia. Perlu
adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Malang.
Penelitian mengungkapkan upaya peningkatan motivasi belajar siswa, dan aktivitas
belajar siswa melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik
Diskusi kelompok pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 7 Malang. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan
menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah
penelitian eksperimen. Dengan desain penelitianya menggunakan pre-test dan posttest dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa yang berasal
dari kelas VII, data diperoleh dari guru BK. Pengumpulan data yang dipakai
menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan terhadap motivasi belajar setelah diberikan layanan dengan nilai ratarata sebesar 18,4%, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
diskusi secara efektif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
bahwa guru bimbingan dan konseling dapat berperan aktif dalam memberikan
motivasi siswa untuk meminati pelajaran yang mereka kurang sukai, dan dengan
layanan Bimbingan Kelompok cukup efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.


Ketersediaan
SB00754SKKI 371.4 MAI e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.4 MAI e/s
Penerbit
Malang : Prodi Bimbingan dan Konseling Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiii, 56 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Skripsi
Bimbingan kelompok
Bimbingan dan Konseling
Teknik Diskusi
Efektivitas layanan BK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik