Electronic Resource
Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 di Kota Malang
Penurunan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Malang dipengaruhi
beberapa faktor. Motivasi belajar yang rendah akan mengakibatkan menurunnya
hasil belajar siswa dan akan mempengaruhi kualitas Pendidikan di Indonesia. Perlu
adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Malang.
Penelitian mengungkapkan upaya peningkatan motivasi belajar siswa, dan aktivitas
belajar siswa melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik
Diskusi kelompok pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 7 Malang. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan
menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah
penelitian eksperimen. Dengan desain penelitianya menggunakan pre-test dan posttest dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa yang berasal
dari kelas VII, data diperoleh dari guru BK. Pengumpulan data yang dipakai
menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan terhadap motivasi belajar setelah diberikan layanan dengan nilai ratarata sebesar 18,4%, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
diskusi secara efektif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
bahwa guru bimbingan dan konseling dapat berperan aktif dalam memberikan
motivasi siswa untuk meminati pelajaran yang mereka kurang sukai, dan dengan
layanan Bimbingan Kelompok cukup efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
| SB00754S | KKI 371.4 MAI e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain