Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap 
Konsentrasi Pada Muatan IPAS Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas 
IV SDN Sumberagung 1 Tuban

Electronic Resource

Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Konsentrasi Pada Muatan IPAS Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV SDN Sumberagung 1 Tuban

Amanullah Asmoro Qosim - Nama Orang; Dr. Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Dr. Triwahyudianto, S.Pd., M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumberagung 1 diketahui konsentrasi
belajar siswa hanya 57 % sehingga konsentrasi belajar yang rendah maka akan
memunculkan Loss Learning. Loss Learning (kehilangan pembelajaran) adalah
kondisi hilangnya pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis
yang terjadi karena terhentinya pembelajaran dalam dunia pendidikan, Tujuan dari
penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM
terhadap konsentrasi belajar siswa pada muatan IPAS pada materi
perkembangbiakan tumbuhan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sumberagung 1 sejumlah 26 siswa.
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan angket.
Teknik pengumpulan data ini menggunakan Observasi dan angket. Teknik analisi
data ini menggunakan uji t, sebelum menggunakan uji t dilakukan uji prasyarat
yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan
konsentrasi belajar yang menggunakan dan tidak menggunakan pendekatan
STEAM ditunjukan dengan rata rata nilai sebelum 55,39 dan sesudah 69,57
sehingga dapat disimpulkan terdapat kenaikan nilai konsentrasi belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan
bahwa pendekatan STEAM berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa SDN
Sumberagung 1 materi perkembangbiakan tumbuhan. Pendekatan pembelajaran
STEAM dapat digunakan guru sebagai refrensi pendekatan pembelajaran baik,
membantu siswa dalam memahami materi dan memberikan refrensi bagi peneliti
lain dalam memilih pendekatan pembelajaran.


Ketersediaan
SB00737SKKI 372 QOS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 QOS p/s
Penerbit
Malang : Prodi PGSD Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
x, 91 hlm 26 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Skripsi
Konsentrasi Belajar
Pendekatan STEAM
IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)
Perkembangbiakan tumbuhan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik