Electronic Resource
Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Konsentrasi Pada Muatan IPAS Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV SDN Sumberagung 1 Tuban
Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumberagung 1 diketahui konsentrasi
belajar siswa hanya 57 % sehingga konsentrasi belajar yang rendah maka akan
memunculkan Loss Learning. Loss Learning (kehilangan pembelajaran) adalah
kondisi hilangnya pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis
yang terjadi karena terhentinya pembelajaran dalam dunia pendidikan, Tujuan dari
penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM
terhadap konsentrasi belajar siswa pada muatan IPAS pada materi
perkembangbiakan tumbuhan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sumberagung 1 sejumlah 26 siswa.
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan angket.
Teknik pengumpulan data ini menggunakan Observasi dan angket. Teknik analisi
data ini menggunakan uji t, sebelum menggunakan uji t dilakukan uji prasyarat
yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan
konsentrasi belajar yang menggunakan dan tidak menggunakan pendekatan
STEAM ditunjukan dengan rata rata nilai sebelum 55,39 dan sesudah 69,57
sehingga dapat disimpulkan terdapat kenaikan nilai konsentrasi belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan
bahwa pendekatan STEAM berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa SDN
Sumberagung 1 materi perkembangbiakan tumbuhan. Pendekatan pembelajaran
STEAM dapat digunakan guru sebagai refrensi pendekatan pembelajaran baik,
membantu siswa dalam memahami materi dan memberikan refrensi bagi peneliti
lain dalam memilih pendekatan pembelajaran.
| SB00737S | KKI 372 QOS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain