Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Bernilai Karakter Pembelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 04 Arjowilangun Kalipare
Modul sebagai salah satu bahan ajar cetak yang digunakan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran. E-Modul berbasis flipbook bertujuan untuk
menunjang kegiatan pembelajaran pada pembelajaran IPS khususnya pada materi
sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan kepraktisan
e-modul berbasis flipbook.
Model penelitian pengembangan ini adalah pengembangan model ADDIE.
Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analys (Analisis), (2) Design (Desain), (3)
Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation
(Evaluasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kevalidan e-modul berbasis
flipbook bernilai karakter pembelajaran IPS berdasarkan angket kelayakan melalui
validator yaitu validator ahli media, validator ahli materi, dan validator ahli bahasa.
Hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 91,4% dengan kategori sangat layak,
hasil yang diperoleh dari ahli materi sebesar 75,6% termasuk dengan kategori layak
dan hasil yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 91,6% dengan kategori sangat
layak. Tingkat kepraktisan diperoleh berdasarkan angket kepraktisan yang
diberikan kepada guru dan siswa. Hasil aspek kepraktisan dengan rata-rata
persentase angket respon guru sebesar 90,4% dan angket respon siswa sebesar
88,4% termasuk kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat
memberikan manfaat dan pengalaman baru bagi guru dan peneliti lain sebagai
sumber referensi untuk penelitian lebih lanjut.
| SB00724S | KKI 372 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain