Electronic Resource
peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan media gambar berseri pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 12 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis
puisi melalui media pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
pada materi menulis puisi kelas VIII F SMP Negeri 12 Malang.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII-F
SMP Negeri 12 Malang. Sumber data pada penelitian ini berupa lembar observasi peserta
didik dan guru, angket, wawancara, pre-tes,post-test, dan hasil/produk. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukan proses peningkatan kemampuan menulis puisi di
kelas VII-F SMP Negri 12 Malang dapat dilihat dari hasil evaluasi yang menunjukan
perkembangan signifikan pada kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakuka, dapat disimpulkan bahwa penerapan mendia gambar
berseri terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi.
Hal tersebut ditunjukan pada kenaikan nilai peserta didik dari siklus1 ke siklus 2. Nilai
ketuntasan hasil belajar menulis puisi pada siklus 1 rata-rata memperoleh 72, sedangkan
rata-rata pada siklus 2 naik menjadi 86.
Penggunaan media gambar nerseri tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran
menulis puisi. Selain gambar dan lembar contoh teks puisi, penggunaaan media tersebut
disarankan untuk memberikan contoh peengaplikasian media gambar berseri terlebih
dahulu. Sehingga memudahkan peserta didik untuk menambah imajinasi dalam menulis
puisi.
| SB00722S | KKI 410 KHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain