Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Moral melalui Permainan Tradisional Engklek pada Anak Usia Dini di Bimbingan Belajar Holykids
Moral merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk membedakan
benar dan salah. Moral sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial , kehidupan anak
pada masa awal dipengaruhi oleh lingkungan terdekat sebagai lingkungan pertama
anak. Ketika anak memasuki dunia sekoalah, karakter moral anak juga dipengaruhi
oleh teman sebayanya. Karena bermain adalah salah satu media yang mudah dan
disenangi oleh anak-anak, maka perlu diciptakan suasana belajar yang
menyenangkan melalui permainan tradisioanl engklek ini, dengan harapan, dapat
meningkatkan nilai moral pada anak didik.
Penelitian ini merupakan penelitian action research atau penelitian
tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Bimbel Belajar Holykids usia
5-6 tahun yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Prosedur
penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya peningkatan kemampuan
moral anak usia dini melalui permainan engklek ini sudah dikatakan berhasil , hal
ini terlihat pengamatan selama pembelajaran berlangsung. Melalui media bermain
perrmainan engklek ini suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan
menarik bagi anak usia dini. Dan terlebih lagi dapat melatih nilai-nilai moral siswa.
Adanaya perubahan-perubahan sikap dan nilai-nilai noral siswa menunjukkan
bahwa peneltian dengan tema ini menunjukan perubahan dan adanya peningkatan
dalam ketuntasan keberhasilan.
| SB00721S | KKI 372 NIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain