Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajara Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 01 Pandansari Lor Kecamatan Jabung
Berdasarkan observasi di SDN 01 Pandansari Lor penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas masih belum efektif khsusunya di mata pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan Media Pembelajaran berbasis Aplikasi Adobe Flash pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV Materi Aksara Jawa di SDN 01 Pandansari Lor Kecamatan Jabung.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan empat tahap yakni: Analisis, desain, pengembangan, implementasi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV kelas IV Materi Aksara Jawa di SDN 01 Pandansari Lor. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Media pembelajaran melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan calon pengguna (guru) kemudian diujicobakan kepada siswa kelas IV SDN 01 Pandansari Lor sebanyak 19 siswa. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan penilaian Kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media dapat dilihat dari penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa. Penilaian dari ahli media mendapatkan presentase 95% ahli materi mendapatkan presentase 85%, ahli bahasa mendapatkan presentase 100%. Penilaian dari calon pengguna (guru) medapatkan presentase 75%. Penilaian dari respon siswa pada ujicoba terbatas mendapatkan presentase 100%, dari hasil penilaian semua dikategorikan “Layak” dan “Sangat Baik” Berdasarkan penilaian tersebut media layak untuk diimplementasikan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
| SB00711S | KKI 372 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain