Electronic Resource
Pengembangan Inventori Penyesuaian Sosial Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Penyesuaian sosial atau sosial adjustment merujuk pada kemampuan untuk secara
efektif dan sehat menanggapi situasi, realitas, dan relasi sosial sehingga kebutuhan hidup
dalam masyarakat dapat dipenuhi dengan cara yang dapat diterima dan memuaskan. Tujuan
pengembangan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan inventori penyesuaian sosial
untuk mahasiswa yang memenuhi standart kesesuaian variabel dan indikator, indikator
dengan deskriptor, dan deskriptor dengan pernyataan yang valid dan reliabel.
Metode pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall
yang terdiri dari 1 Berdasarkan langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall
(1983) yang telah dimodifikasi, terdiri atas (1) pencarian dan pengumpulan data; (2)
perencanaan dan menentukan tujuan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba
lapangan awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk hasil uji
lapangan; (8) Penyempurnaan Produk Akhir. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan
teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sebanyak 68 siswa sebagai sampel
dalam uji coba penelitan ini. Analisis data menggunakan analisis Product Moment Pearson,
Alpha Cronbach. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk inventori penyesuaian
sosial untuk Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang terdiri dari 86 item
pernyataan yang memenuhi kriteria inventori Penyesuaian Sosial yaitu meliputi hasil
penelitian Alpha Cronbach Sig sebesar 0,745 (>0.7)
Kelebihan dari iventori penyesuaian sosial adalah melalui skor hasil inventori
penyesuaian sosial, konselor dapat lebih mudah memahami tingkat perkembangan
individu. Sedangkan kekurangannya yaitu pengisian inventori penyesuaian sosial
bergantung kepada penyesuaian diri dengan lingkungan para mahasiswa. Seringkali
mahasiswa tidak memberikan jawaban yang benar karena adanya beberapa alasan.
Saran penelitian selanjutnya yaitu dapat mengembangkan inventori penyesuaian
sosial untuk tingkatan yang berbeda seperti siswa di SD,SMP,SMA dan SMK mengingat
tingkat perkembangan kematangan usia dan proses belajar mengajar di SD, SMP, SMA,dan
SMK sangat berbeda dengan tingkat Perguruan Tinggi. Penelitian selanjutnya dapat
diharapkan menggunakan responden lebih luas agar lebih akurat dalam proses pengujian
dan proses penghitungan hasil, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan teori
lain yang membahas penyesuaian sosial agar mahasiswa dapat mengetahui tingkat
penyesuaian sosial yang dimilikinya.
| SB00707S | KKI 371.4 FIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain