Electronic Resource
Etnomatematika Batik Madura Dalam Penalaran Matematis Peserta Didik
Pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika dapat mempermudah peserta didik dalam bernalar matematis matematika sekaligus memperkenalkan kearifan budaya. Salah satu kebudayaan yang kaya akan konsep matematika adalah batik. Konsep matematika pada batik ditemukan melalui proses penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis peserta didik pada etnomatematika batik madura khususnya pada materi bangun datar (luas segitiga dan phytagoras). Subjek penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik kelas VIII C MTs SA Roudhotus Syifa’ Kalipare. Berdasarkan hasil tes yang dikelompokan menjadi kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Masing – masing kelompok memiliki kecenderungan sama dalam menuliskan langkah dan jawaban sehingga pada proses wawancara menggunakan 2 peserta didik dari masing-masing kelompok. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan triangulasi dari hasil tes atau lembar jawaban peserta didik, hasil wawancara dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peserta didik mampu membuat dugaan dari permasalahan dengan baik melalui mengidentifikasi dan menyebutkan pertanyaan, Peserta didik berkemampuan tinggi dan sedang dalam penalaran matematis mampu mempersiapkan langkah matematika untuk menyelesaikan masalah, Peserta didik dengan kemampuan tinggi memberikan argumen atau alasan sebagai kebenaran jawaban atau solusi, menarik kesimpulan atau generalisasi, Peserta didik dengan kemampuan sedang tidak mampu memberikan argumen atau alasan mengenai kebenaran jawaban tetapi mampu menyelesaikan kesimpulan, dan Peserta didik dengan kemampuan matematis rendah hanya mampu menyimpulkan permasalahan saja. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta didik mampu menyimpulkan permasalahan, sedangkan peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu melakukan penalaran matematis dengan baik. Saran bagi guru, agar guru lebih memperhatikan penalaran matematis peserta didik dengan memberikan soal etnomatematika. Selain itu, agar guru lebih memperhatikan peserta didik untuk lebih teliti dalam menuliskan jawaban pada saat menyelesaikan permasalahan matematika.
| SB00706S | KKI 510 MAR e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain