Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pogil Berbantuan LKS Pada 
Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar 
Matematika Kelas VIII SMPK MATER DEI Probolinggo

Electronic Resource

Penerapan Model Pogil Berbantuan LKS Pada Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPK MATER DEI Probolinggo

Paulus Hendrikus Hamu Koten - Nama Orang; Dr. Riski Nur Istiqomah Dinnullah, M.Si. - Nama Orang; Vivi Susanti, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Tujuan mata pelajaran matematika yaitu untuk mengembangkan
keterampilan dalam berhitung, membentuk pola pikir yang kritis dan kreatif untuk
membantu siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan matematika. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar merupakan
salah satu hal yang penting dalam kehidupan sekarang maupun yang akan datang.
Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menerapkan model POGIL berbantuan
LKS pada pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII
SMPK MATER DEI Probolinggo.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 1 siklus. Subyek
penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPK MATER DEI Probolinggo tahun
pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 nilai rata-rata yang
diperoleh adalah 89,66 dengan persentase sebesar 100% siswa yang memenuhi
KKM. Pada siklus 1 persentase lembar observasi guru 85% sedangkan persentase
lembar observasi siswa 88,33%. Dengan demikian hasil penelitian disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran POGIL dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa pada materi Bangun Ruang kelas VIII B SMPK MATER DEI
Probolinggo. Dengan langkah-langkah pembelajaran POGIL sebagai berikut : (1)
Orientasi, (2) Eksplorasi, (3) Penemuan Konsep, (4) Aplikasi, (5) Penutup


Ketersediaan
SB00697SKKI 510 KOT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 KOT p/s
Penerbit
Malang : Prodi Pend. Matematika Unikama., 2024
Deskripsi Fisik
xii, 72 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Skripsi
Hasil Belajar Matematika
Bangun Ruang
Pend. Matematika
Model POGIL
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik