Electronic Resource
Penerapan Model Pogil Berbantuan LKS Pada Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPK MATER DEI Probolinggo
Tujuan mata pelajaran matematika yaitu untuk mengembangkan
keterampilan dalam berhitung, membentuk pola pikir yang kritis dan kreatif untuk
membantu siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan matematika. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar merupakan
salah satu hal yang penting dalam kehidupan sekarang maupun yang akan datang.
Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menerapkan model POGIL berbantuan
LKS pada pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII
SMPK MATER DEI Probolinggo.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 1 siklus. Subyek
penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPK MATER DEI Probolinggo tahun
pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 nilai rata-rata yang
diperoleh adalah 89,66 dengan persentase sebesar 100% siswa yang memenuhi
KKM. Pada siklus 1 persentase lembar observasi guru 85% sedangkan persentase
lembar observasi siswa 88,33%. Dengan demikian hasil penelitian disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran POGIL dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa pada materi Bangun Ruang kelas VIII B SMPK MATER DEI
Probolinggo. Dengan langkah-langkah pembelajaran POGIL sebagai berikut : (1)
Orientasi, (2) Eksplorasi, (3) Penemuan Konsep, (4) Aplikasi, (5) Penutup
| SB00697S | KKI 510 KOT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain