Electronic Resource
Optimalisasi Analisis Sentimen Film Pada YouTube Dengan Algoritma Chi-Square pada Naïve Bayes dan Support Vector Machine
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini pengguna terhadap film di
platform YouTube mengunakan algoritma Naïve Bayes dan Support Vector
Machine. Fokus penelitian adalah meningkatkan akurasi klasifikasi melalui
penerapan seleksi fitur mengunakan metode Chi-square. Data yang digunakan
diperoleh melalui proses web scraping pada ulasan pengguna di Google Play Store.
Labeling secara otomatis dengan bantuan library Transformers, dengan hasil label
positif 241 dan negatif 759 dari 1000 ulasan. Tahapan penelitian meliputi crawling
data, pelabelan otomatis mengunakan library transformers, pre-processing (case
folding, tokensiasi, stopword removal, normalisasi, dan stemming), pembobotan
dengan metode TF-IDF, dan pengujian akurasi model mengunakan rasio pembagian
data 90:10, 80:20 dan 70:30. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Support
Vector Machine mendapat akurasi 92,5% pada dataset 80:20, sedangkan Support
Vector Machine berbasis Chi-square mendapat akurasi 91,5% pada dataset 80:20,
Naïve Bayes mendapat akurasi 82% pada dataset 80:20, dan akurasi Naïve Bayes
berbasis Chi-square 79% pada dataset 80:20. Dengan demikian Chi-square tidak
mampu meningkatkan performa dari metode Naïve Bayes dan Support Vector
Machine pada penelitian ini.
| SB00669S | KKI 001.6 WAR o/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain