Electronic Resource
Pengaruh Shopee Paylater dan Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa : Analisis Perspektif Ekonomi Islam Dengan Penerapan Akad Ijarah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan shopee
paylater, tingkat literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, serta
peran perspektif ekonomi islam dengan pendengkatan akad ijarah sebagai variabel
moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive
sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 96 responden. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 4.0 melalui model pengukuran
outer model, inner model, dan uji hipotesis termasuk analisis moderasi (MRA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan shopee paylater berpengaruh
positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, sedangkan literasi
keuangan berpengaruh negatif tidak signifikan. Perspektif ekonomi Islam (akad
ijarah) memperkuat pengaruh shopee paylater terhadap perilaku konsumtif dan
memperlemah pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif. Temuan
ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai-nilai syariah dalam mengendalikan
perilaku konsumtif di era layanan keuangan digital.
| SB00664S | KKI 657 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain