Electronic Resource
Hubungan Dukungan Sosial Dan Kejenuhan Belajar Terhadap Prokastinasi Akademik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan
kejenuhan belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa SMP. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas VII dan VIII SMP KH.A Thohir Tumpang dengan
jumlah sampel 111 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode korelasional. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup yang
mengukur tiga variabel: dukungan sosial, kejenuhan belajar, dan prokrastinasi
akademik. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua
instrumen valid dan reliabel. Analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif
signifikan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik, serta hubungan
positif signifikan antara kejenuhan belajar dengan prokrastinasi akademik.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan dukungan sosial dapat
menurunkan tingkat prokrastinasi akademik, sedangkan kejenuhan belajar yang
tinggi cenderung meningkatkan prokrastinasi akademik siswa.
| SB00661S | KKI 371.4 BAS h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain