Electronic Resource
Penerapan Algoritma C4.5 Pada Ulasan Aplikasi Shopee Di Google Play Store
Aplikasi Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terpopuler di Indonesia
menerima banyak ulasan dari penggunanya di Google Play Store. Ulasan-ulasan ini
mengandung informasi penting yang dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi
kualitas layanan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan
sentimen ulasan pengguna menggunakan algoritma C4.5 agar dapat membantu
pihak pengembang dalam memahami persepsi pengguna. Data yang digunakan
diperoleh dari Google Play Store dan melalui beberapa tahapan pengolahan, yaitu
preprocessing (case folding, stopword removal, stemming, normalisasi kata, dan
pelabelan sentimen), transformasi data menggunakan metode TF-IDF, serta
pembagian data menjadi data latih dan data uji. Algoritma C4.5 diimplementasikan
menggunakan model DecisionTreeClassifier dengan kriteria entropy. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model klasifikasi mampu menghasilkan akurasi
sebesar 83,25% pada data uji. Klasifikasi terhadap sentimen positif menunjukkan
performa yang tinggi, sedangkan sentimen negatif dan netral masih kurang optimal
akibat ketidakseimbangan data antar kelas. Dengan demikian, algoritma C4.5
cukup efektif untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna, terutama dalam
mengenali sentimen positif. Hasil ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi
pengembang aplikasi Shopee dalam meningkatkan layanan mereka berdasarkan
masukan dari pengguna.
| SB00652S | KKI 001.6 AND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain