Electronic Resource
Hambatan Siswa Pada Proses Looking Back Permasalahan Matematika Dalam Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya
Pembelajaran matematika merupakan kegiatan yang bertujuan untuk
memberikan pengalaman belajar matematika seperti menyelesaikan permasalahan
matematika. Penyelesaian permasalahan matematika dapat dilakukan dengan
menggunakan berbagai teori salah satunya Teori Polya. Teori Polya terdiri dari 4
proses yaitu: a) memahami masalah, b) merencanakan penyelesaian masalah, c)
melasakanakan penyelesaian masalah, d) memeriksa kebenaran jawaban (Looking
back). Setelah menyelesaikan permasalahan, siswa melakukan proses pengecekan
kebenaran jawaban (Looking back). Pada umumnya, siswa menemukan berbagai
hambatan dalam prosesnya misalnya hambatan epistemologi yakni hambatan yang
terjadi karena kurangnya pemahaman konsep pada siswa yang dapat terjadi karena
hambatan konseptual, hambatan prosedural, dan hambatan operasional. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai hambatan yang terjadi pada siswa
saat proses looking back permasalahan matematika dalam materi Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel berdasarkan teori Polya.
Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
terdiri dari 21 siswa kelas VIII-C MTs. SA Roudhotus Syifa’ Kalipare.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil tes dianalisis melalui analisis reduksi data yang dikelompokkan
menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Setelah itu, dilakukan analisis
triangulasi dari hasil tes, wawancara, dan, catatan lapangan
| SB00650S | KKI 510 IME h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain