Electronic Resource
Penerapan Pancasila Untuk Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI Pronojiwo
Usia dini menjadi saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila,
hal ini dikarenakan anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu,
anak usia dini merupakan golden age dimana seorang anak berada pada fase
perkembangan kecerdasan yang luar biasa sehingga akan lebih mudah untuk
menanamkan pada anak mengenai nilai-nilai yang tertanam dalam Pancasila
terutama sila pertama. Pentingnya sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam kehidupan
sehari-hari menjadikan perlunya penanaman nilai agama dan moral sejak dini.
Pengalaman dan pengetahuan yang diberikan kepada anak akan mudah terekam dan
melekat sehingga diharapkan akan membiasakan anak untuk bersikap positif.
Kegagalan dalam penanaman perilaku anak berdasarkan agama dan moral di usia
dini akan membentuk pribadi yang bermasalah ketika dewasa
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan pancasila sila ke
1 untuk meningkatkan nilai agama dan moral di kelas B TK PGRI Pronojiwo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam penelitian ini
diharapkan menjadikan peneliti mampu menggambarkan secara lebih mendalam
mengenai penerapan Pancasila Sila 1 untuk meningkatkan nilai agama dan moral
anak kelompok B TK PGRI Pronojiwo secara nyata dengan tahap pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tahap
pengecekan keabsahan data dilakukan dengan validitas triangulasi.
| SB00624S | KKI 372 AND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain