Electronic Resource
Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Newman
Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, namun
masih banyak peserta didik mempunyai presepsi bahwa matematika adalah salah
satu mata pelajaran yang sangat sulit. Karena hal tersebut, banyak peserta didik
yang melakukan kesalahan-kesalahan baik kesalahan konsep maupun perhitungan.
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui hasil analisis kesalahan peserta
didik dalam menyelesaikan soal matriks berdasarkan tahapan Newman. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumberpucung kelas XI-Bahasa. Subjek data
penelitian adalah 6 subjek yang terdiri dari 2 peserta didik kesalahan rendah, 2
peserta didik kesalahan sedang, dan 2 peserta didik kesalahan tinggi. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, dan wawancara. Kesalahan yang
dianalisis dikategorikan menggunakan kriteria kesalahan Newman yang terdiri dari
5 kesalahan yaitu kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan
proses, dan penulisan jawaban akhir. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada subjek yang melakukan
kesalahan membaca, terdapat 5 subjek yang melakukan kesalahan memahami, 4
subjek yang melakukan kesalahan pada tahap transformasi, 6 subjek yang
melakukan kesalahan pada tahap proses perhitungan, dan 6 subjek yang melakukan
kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir.
| SB00607S | KKI 510 RAH a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain