Electronic Resource
Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Interaksi Sosial terhadap Perilaku Bullying pada Siswa MTs Negeri 3 Pasuruan
Perilaku bullying merupakan penindasan yang dilakukan oleh seseorang
secara berkelompok atau secara individu atau sendiri terhadap orang lain dengan
bentuk yang beragam mulai dari yang ringan hingga penyiksaan fisik. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya da
interaksi sosial terhadap perilaku bullying.
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
ekploratori. Metode eksploratori merupakan salah satu metode penelitian
kuantitatif yang tergolong penelitian inferensial, dan bertujuan untuk menguji
perbandingan ataupun pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya.
Subjek penelitian merupakan siswa MTs Negeri 3 Pasuruan berjumlah 118 siswa.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil perencanaan, pelaksanaan, dan penutup.
Analisis menggunakan statistik non parametrik yaitu dengan bantuan SPSS 22.0
For Windows dengan menggunakan uji Regresi.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing tingkat
konformitas teman sebaya, interaksi sosial, dan perilaku bullying pada siswa MTs
Negeri 3 Pasuruan tergolong sangat rendah. Tingkat konformitas teman sebaya
dikategorikan sangat rendah dengan nilai rata-rata distribusi 35. Tingkat interaksi
sosial tergolong sangat rendah dengan nilai rata-rata distribusi 23. Tingkat
perilaku Bullying juga dikategorikan sangat rendah dengan nilai rata-rata
distribusi 27,8. Dalam hal ini tingkat kontribusi konformitas teman sebaya dan
interaksi sosial terhadap perilaku Bullying tergolong rendah yaitu 14,2%. Pada
tabel anova diketahui nilai F=9,525 dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti
signifikan karena
| SB00598S | KKI 371.4 NIM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain