Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play 
untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMP Negeri2 Wagir

Electronic Resource

Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Role Play untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMP Negeri2 Wagir

Graselina Ledia - Nama Orang; Romia Hari Susanti, M.Pd - Nama Orang; Laily Tiarani Soejanto, S.Psi., M.Pd - Nama Orang;

Perilaku asertif merupakan perilaku yang menekan pada kepercayaan diri dan
keterampilan mengkomunikasikan keinginan, perasaan, dan pikiran kepada orang lain
tanpa rasa cemas, dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak
lain dan pertimbangan positif mengenai baik buruknya sikap dan perilaku yang
dimunculkan. Peneliti menggunakan bimbingan kelompok teknik role play yang
merupakan suatu teknik belajar untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan dan
pengertian-pengertian tentang hubungan antar manusia dengan cara memerankan situasisituasi yang pararel dan terjadi pada kehidupan yang nyata. Artinya, situasi yang
diperankan sesuai dengan kehidupan yang sebenarnya (Romlah 2006). Bimbingan
kelompok diberikan agar siswa mampu mengembangkan kemampuan dirinya dalam
berkomunikasi dan bertindak sehingga mampu mengaktualisasikan dirinya secara
optimal.
Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan Borg
and Gall (Sugiyono, 2012) yang dimodifikasi peneliti menjadi tiga tahap komponen
utama yaitu 1) Tahap 1 Perencanaan: a) menentukan masalah dan potensi penelitian, b)
melakukan kajian pustaka dan need assesment, 2) Tahap 2 Pengembangan Produk: a)
menentukan tujuan panduan layanan bimbingan kelompok teknik role play untuk
meningkatkan perilaku asertif siswa, b) menyusun isi dari buku panduan, c) menyusun
propoype produk pengembangan, 3) Tahap 3 Uji Coba Produk: a) uji ahli (uji ahli materi,
uji ahli media, dan uji ahli bahasa), revisi produk hasil penelitian uji ahli, b) uji coba
penggunaan produk, revisi hasil penelitian calon pengguna


Ketersediaan
SB00595SKKI 371.4 LED p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 371.4 LED p/s
Penerbit
Malang : Prodi Bimbingan dan Konseling Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiv, 109 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.4
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Perilaku Asertif
Skripsi
Bimbingan dan Konseling
Teknik Role Play
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik