Electronic Resource
Penerapan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN 1 Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang
Motivasi belajar yang rendah menyebabkan hasil belajar tidak
maksimal. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran harus
sesuai dengan materi yang dipelajari. Metode pembelajaran berdiferensiasi
adalah suatu metode yang menggunakan langkah-langkah yang sistematis
sehingga memungkinkan menemukan sendiri pola-pola belajar siswa
sendiri melalui serentetan pengalaman-pengalaman belajar yang lampau.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa
dengan menggunakan pembelajaran berbasis pembelajaran berdiferensiasi
berbantuan media digital flipbook.
Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subyek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sidorenggo
Kecamatan Ampelgading dengan 16 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data hasil observasi dan
angket. Penelitian ini menggunakan teknik analisi data dengan
pengumpulan data dari hasil observasi dan angket yang kemudian direduksi
dengan memilih dan memfokuskan hal-hal pokok agar mempermudah dan
memperjelas peneliti dalam pengumpulan data. Penyajian data dilakukan
melalui metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan secara narasi pada
setiap tahapan tindakan.. Penelitian ini dilaksanakan dengan dengan dua
siklus. Hasil dari penelitian yaitu pada siklus I observasi motivasi belajar
siswa 72,04%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase
90,41%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu
menjadi 72,06. Pada siklus II nilai rata-rata siswa juga mengalami
peningkatan yaitu menjadi 83,25 dan semua siswa telah mencapai KKM
| SB00589S | KKI 372 IND p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain