Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Augmented Reality Pada Manusia Untuk Mengembangkan Hasil Belajar Di Kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya variasi sumber belajar yang interaktif
dan berdimensi salah satunya adalah e-modul yang digunakan oleh guru saat
menyampaikan materi didalam kelas pada materi sistem pencernaan manusia. Tujuan
utama dari tinjauan ini adalah untuk memahami kepraktisan dan kelayakan serta
keefektifan e-modul interaktif pada materi sistem kerja pencernaan terkait manusia dengan
menggunakan sistem Augmented Reality di kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan metode Penggunaan metode penelitian dan
pengembangan (R&D) yang terencana dan metodis adalah pencarian produk, model, dan
metode/strategi yang unggul, baru, efisien, produktif, dan lebih bermakna yang dapat
diperbaiki, dikembangkan, diproduksi, atau diuji kemampuannya dan kemanjurannya. Dan
riset ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh
Dick and Carry yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluations. Dari
tahapan-tahapan tersebut peneliti menggunakan semua tahap, karena tujuan utama dari
peneliti adalah menciptakan produk dan mengimplementasikan produk ke lapangan.
Teknik pengambilan informasi yang digunakan adalah informasi kuantitatif dan informasi
kualitatif dengan menggunakan skala likert.
Studi ini menghasilkan modul elektornik interaktif berupa AR sistem pencernaan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bandungrejosari 3 Malang. Hasil uji
kelayakan berdasarkan presentase uji kelayakan dari ahli media yaitu sebesar 98%
dinyatakan sangat layak, pakar materi sejumlah 80% dinyatakan sangat layak, ahli bahasa
yang berbakat 87% dinyatakan sangat layak. Kemudian dari uji kepraktisan yaitu
tanggapan dari guru sebesar 88% dinyatakan sangat praktis, peserta didik kelompok kecil
sebesar 85% dinyatakan sangat praktis, dan dari siswa kelompok besar sebesar 85%
dinyatakan sangat praktis. Kemudian untuk keefektifannya dilihat dari hasil belajar peserta
didik dieproleh nilai rata –rata yaitu 91,6 dengan aturan yang sangat efektif. Karena itu,
produk e-modul cerdas mengingat realitas yang diperluas pada sistem pencernaan manusia
untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuat oleh peneliti layak,praktis dan efektif
digunakan dalam proses pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia karena dapat
membantu siswa belajar lebih baik di SDN Bandungrejosari 3 Malang
| SB00583S | KKI 372 PAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain