Electronic Resource
Penerapan E-LKPD Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tambakasri
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 4 Tambakasri
Kecamatan Sumbermanjing Wetan, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran
Tema 3 Sub Tema 2 yaitu kurangnya minat belajar siswa. Hal ini disebabkan antusias
siswa dalam belajar masih rendah, ketika siswa memasuki ruang kelas dan dimulai
dengan belajar Tema 3 Sub Tema 2 siswa kurang bersemangat untuk mengikuti
pembelajaran, sehingga siswa cenderung tidak aktif dan kurang memperhatikan guru
pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran. Selain itu dalam pelaksanaan
pembelajaran belum menggunakan media yang dapat menarik dan bervariasi
sehingga menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Tema 3 Sub
Tema 2 dengan menerapkan E-LKPD berbasis Articulate Storyline pada kelas V SD
Negeri 4 Tambakasri Kecamatan Sumbermanjinng Wetan Tahun Pelajaran
2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Tambakasri dengan jumlah
20 siswa. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ada empat tahap yang meliputi : 1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Instrumen penelitian dalam
penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar angket. Untuk teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket minat belajar siswa,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan
kualitatif.
| SB00578S | KKI 372 DEG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain