Electronic Resource
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Peserta Didik Kelas 7 Di SMP Negeri 1 Dampit
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kerja Kelompok Pada
Peserta Didik Kelas 7 Di SMP Negeri 1 Dampit. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian Kualitataif interaktif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi,
teknik analisis menggunakan triangulasi untuk mempreoleh keabsahan data,
sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu Reduksi, Display
dan Verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Melalui Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Peserta Didik Kelas 7 Di SMP
Negeri 1 Dampit yaitu dengan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) berupa pembuatan Jamu Sehat SPENSADA. Projek tersebut
merupakan regulasi sekolah yang pelaksanaannya dilakukan setiap seminggu
terakhir tiap bulan. Projek dilakukan menggunakan metode pembelajaran kerja
kelompok. Dapat terlihat bahwa pelaksanaan kegiatan termasuk berjalan dengan
baik karena seluruhkegiatan mulai dari persiapan hingga pelaporan mampu diikuti
oleh peserta didik. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa Penguatan karakter
Profil Pelajar Pancasila dapat diselenggarakan melalui Pembelajaran Kerja
Kelompok
| SB00568S | KKI 371.114 HAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain