Electronic Resource
Pengembangan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Well Being Siswa Korban Bullying
Metode pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and
Gall yang terdiri dari 1) Model Pengembangan, 2) Prosedur Pengembangan, 3)
Uji Ahli, 4) Uji Konselor, 5) Uji Calon Pengguna.
Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk modul well being untuk
siswa SMP di Kota Malang yang berisi materi penerimaan diri, hubungan baik
dengan orang lain, kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup dan
perkembangan pribadi. Hasil penelitian pada uji ahli didapat skor rata – rata 3,8
dalam aspek kelayakan, skor 4,2 dalam aspek kegunaan, skor 3,5 dalam aspek
kemudahan, skor 3,6 untuk aspek ketepatan, dan skor 3,8 dalam aspek
kemenarikan. Hasil pada uji konselor didapat skor rata – rata 4,5 dalam aspek
kegunaan, kemudahan, ketepatan dan kemenarikan. Hasil penelitian pada uji calon
pengguna didapat skor 4 dalam aspek kemudahan dan kemenarikan. Berdasrkan
data yang diperoleh hal ini menunjukkan bahwa modul ini sangat layak untuk
dikembangkan dan dijadikan alternatif media layanan bimbingan dan konseling di
sekolah.
Saran peneliti untuk pengguna modul ini dapat digunakan sebagai media
dalam pemberian layanan informasi bidang pribadi untuk siswa SMP. Saran untuk
peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan teori lain yang membahas
tentang well being
| SB00566S | KKI 371.4 NAB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain