Electronic Resource
Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Kotalama 3 Kota Malang
Kemajuan teknologi dan arah pendidikan untuk menghadapi era abad 21
menuntut siswa memiliki kompetensi berpikir kreatif, berpikir kritis, terampil
berkomunikasi dan menguasai teknologi informasi. Peran guru penting dalam
menciptakan pembelajaran efektif yang mengubah pola pembelajaran teacher
centered menjadi student centered . Pada pembelajaran IPA diketahui masih
rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dikarenakan kurangnya peran aktif
serta kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi, membuat argumen dan
merumuskan pertanyaan. Perangkat pembelajaran berupa Elektronik Lembar Kerja
Peserta Didik (E-LKPD) sangat penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan
E-LKPD berbasis problem based learning materi siklus air pada siswa kelas V SDN
Kotalama 3 Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri dari tahap Analisa (Analysis), Desain (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi
(Evaluation). Pada penelitian dan pengembangan E-LKPD berbasis problem based
learning ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang peneliti lakukan yaitu
teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas V di
SDN Kotalama 3 Kota Malang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan
lembar validasi media, materi, bahasa, angket guru, angket siswa, soal pre-test dan
soal post-test.
| SB00563S | KKI 372 NOF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain