Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning 
Materi Siklus Air Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 
Kotalama 3 Kota Malang

Electronic Resource

Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Kotalama 3 Kota Malang

Nofitasari - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang; Dr. Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Kemajuan teknologi dan arah pendidikan untuk menghadapi era abad 21
menuntut siswa memiliki kompetensi berpikir kreatif, berpikir kritis, terampil
berkomunikasi dan menguasai teknologi informasi. Peran guru penting dalam
menciptakan pembelajaran efektif yang mengubah pola pembelajaran teacher
centered menjadi student centered . Pada pembelajaran IPA diketahui masih
rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dikarenakan kurangnya peran aktif
serta kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi, membuat argumen dan
merumuskan pertanyaan. Perangkat pembelajaran berupa Elektronik Lembar Kerja
Peserta Didik (E-LKPD) sangat penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan
E-LKPD berbasis problem based learning materi siklus air pada siswa kelas V SDN
Kotalama 3 Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri dari tahap Analisa (Analysis), Desain (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi
(Evaluation). Pada penelitian dan pengembangan E-LKPD berbasis problem based
learning ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang peneliti lakukan yaitu
teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas V di
SDN Kotalama 3 Kota Malang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan
lembar validasi media, materi, bahasa, angket guru, angket siswa, soal pre-test dan
soal post-test.


Ketersediaan
SB00563SKKI 372 NOF p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NOF p/s
Penerbit
Malang : Prodi PGSD Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xiii, 103hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
berpikir kritis
Model Problem Based Learning (PBL)
Skripsi
E-LKD
Siklus Air
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik