Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 tahun melalui Metode Bercerita di PAUD Al-Husna Kepanjen
Kemampuan bahasa sangat penting untuk perkembangan kemampuan
anak. Dengan mengungkapkan pendapat serta menceritakan ulang cerita yang telah
didengar oleh anak dapat menstimulasi perkembangan bahasa ekspresif anak.
Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang
sangat penting bagi kehidupan manusia, agar metode bercerita tidak membosankan
menggunakan media yang menarik yaitu buku cerita bergambar dan boneka tangan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan
bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di PAUD Al-Husna Kepanjen.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek
penelitian adalah peserta didik anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Husna sebanyak
10 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan
wawancara Kepala Sekolah, Guru di PAUD Al-Husna, observasi anak langsung
dan dilengkapi dengan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Kemampuan awal bahasa ekspresif anak
ketika pra tindakan 35% menjadi 65% pada siklus 1. Karena belum memenuhi
ketuntasan nilai yang diharapkan dilakukan siklus 2 dan meningkat menjadi 86%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan pengamatan dari siklus I
dan II dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan
bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Husna Kepanjen. Saran untuk
lembaga sebaiknya pendidik lebih memaksimalkan penggunaan media buku cerita
bergambar dan boneka tangan untuk bercerita kepada anak. Sehingga kemampuan
bahasa ekspresif anak dapat berkembang dengan baik.
| SB00549S | KKI 372 SUS u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain