Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan 
Bahasa Anak Usia 5-6 tahun melalui Metode Bercerita di PAUD Al-Husna Kepanjen

Electronic Resource

Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 tahun melalui Metode Bercerita di PAUD Al-Husna Kepanjen

Yuyun Susanti - Nama Orang; Sarah Emmanuel. Haryono, M.Psi - Nama Orang; Siti Muntomimah, M.Pd - Nama Orang;

Kemampuan bahasa sangat penting untuk perkembangan kemampuan
anak. Dengan mengungkapkan pendapat serta menceritakan ulang cerita yang telah
didengar oleh anak dapat menstimulasi perkembangan bahasa ekspresif anak.
Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena bahasa mempunyai peranan yang
sangat penting bagi kehidupan manusia, agar metode bercerita tidak membosankan
menggunakan media yang menarik yaitu buku cerita bergambar dan boneka tangan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan
bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di PAUD Al-Husna Kepanjen.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek
penelitian adalah peserta didik anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Husna sebanyak
10 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan
wawancara Kepala Sekolah, Guru di PAUD Al-Husna, observasi anak langsung
dan dilengkapi dengan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Kemampuan awal bahasa ekspresif anak
ketika pra tindakan 35% menjadi 65% pada siklus 1. Karena belum memenuhi
ketuntasan nilai yang diharapkan dilakukan siklus 2 dan meningkat menjadi 86%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan pengamatan dari siklus I
dan II dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan
bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Husna Kepanjen. Saran untuk
lembaga sebaiknya pendidik lebih memaksimalkan penggunaan media buku cerita
bergambar dan boneka tangan untuk bercerita kepada anak. Sehingga kemampuan
bahasa ekspresif anak dapat berkembang dengan baik.


Ketersediaan
SB00549SKKI 372 SUS u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SUS u/s
Penerbit
Malang : Prodi PG-PAUD Unikama., 2023
Deskripsi Fisik
xi, 58hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik