Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Android Berbantuan Software Articulate Storyline 3
Dalam era digital ini, pemanfaatan teknologi sangat berperan penting dalam
menunjang kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia. Pemanfaatan teknologi
banyak dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti penyusunan perangkat ajar,
pembuatan media ajar, serta seluruh aktivitas pembelajaran di sekolah. Adapun
perangkat atau software yang dapat diaplikasikan dalam membuat media
pembelajaran berbasis digital yaitu Articulate storyline 3. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengembangkan dan pengujian terhadap kevalidan, kepraktisan
dan efektivitas media dengan berbantuan software articulate storyline 3 pada materi
konstruksi luas permukaan bangun ruang sisi datar kelas VII SMP Negeri 26 Malang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE,
dengan instrumen yaitu lembar validasi materi, media, dan pembelajaran oleh ahli
untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran, angket respon guru dan peserta
didik untuk mengetahui kepraktisan media, serta lembar hasil belajar peserta didik
yang didapatkan melalui soal evaluasi bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari
media pembelajaran yang telah digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika
dikelas.
Hasil kevalidan media pembelajaran menurut ahli media yaitu 89,2%, ahli
materi 85,7% dan ahli pembelajaran 93,1%, kategori sangat valid. Kepraktisan media
pembelajaran yang dilakukan pada saat uji coba di lapangan, yaitu kepada 9 peserta
didik memperoleh hasil rata-rata sebesar 84,1% dan angket respon guru sebesar
94,6% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan tingkat efektivitas media
pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik telah mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) dengan nilai ≥ 75 yang masuk dalam kategori sangat efektif
dengan presentase total adalah 93,3%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran konstruksi
luas permukaan bangun ruang sisi datar berbasis android dengan berbantuan software
Articulate Storyline 3 ini layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran
matematika karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Saran dari
peneliti agar dapat melakukan uji coba pada penelitian berikutnya dengan lebih
banyak subjek untuk mendapatkan hasil yang optimal.
| SB00548S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain