Electronic Resource
Analisis Kesalahan Penulisan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP PGRI 6 Malang
Bahasa sebagai alat komunikasi tidak terlepas dari permasalahanpermasalahan ketika digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu bahasa tulis
maupun bahasa lisan. Dalam proses pendidikan juga tidak terlepas dari
permasalahan, salah satunya adalah permasalahan dalam pembelajaran bahasa
Indonesia, terutama pada bahasa tulis sebagai salah satu dari empat keterampilan
berbahasa. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di SMP pada
kurikulum merdeka saat ini adalah menulis surat dinas. Siswa dinilai belum jeli
atau tajam dalam menulis karangan atau menuangkan pikiran kedalam tulisan,
yakni mengenai penggunaan ejaan dan penggunaan kalimat efektif dalam menulis
surat dinas.
Terdapat dua permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
kesalahan penggunaan ejaan pada surat dinas siswa kelas VII SMP PGRI 6
Malang (2) Bagaimana kesalahan penggunaan kalimat efektif pada surat dinas
siswa kelas VII SMP PGRI 6 Malang. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif
yang terdapat pada surat dinas siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
PGRI 6 Malang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik
baca dan catat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data
kualitatif yang terdiri dari tiga proses kegiatan yakni reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini
digunakan teknik triangulasi teori
| SB00532S | KKI 410 LOL a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain