Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Materi Teks Cerpen Kelas IX SMP PGRI 2 Ngajum
Pada masa sekarang modul sangat diperlukan untuk pembelajaran mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran menulis
cerita pendek berbasis pengalaman (Experiential Learning) untuk siswa kelas IX
SMP/MTS.
Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Bord &
Gall. Data yang diperoleh dari angket, wawancara, validasi produk oleh para ahli,
dan uji coba produk. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis data
kualitatif, sedangkan data hasil angket, validasi produk, dan uji coba dianalisis
dengan teknik analisis kuantitatif.
Adapun hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 87,5%
menunjukkan kategori sangat layak, pada validasi ahli media diperoleh presentase
sebesar 81% menunjukkan kategori sangat layak digunakan, pada validasi ahli
bahasa diperoleh presentase sebesar 75% menunjukkan kategori layak digunakan.
Secara keseluruhan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman ini
layak digunakan dan mampu meningkatkan keberhasilan siswa.
Saran penelitian ini adalah perlu pengembangan modul tertenu untuk
membantu kinerja siswa. Diharapkan adanya penelitian lebih lanjut, modul ini
dapat dikembangkan pada materi yang lebih luas baik pada pembelajaran materi
teks cerpen maupun pada materi lainya dengan pendekatan serupa maupun
pendekatan lainya. Modul ini juga diharapkan dapat digunakan peneliti
selanjutnya untuk menguji keefektifan modul berbasis pengalaman pada materi
teks cerpen
| SB00531S | KKI 410 SAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain