Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran 
Berbasis Pengalaman Pada Materi Teks Cerpen Kelas IX SMP PGRI 2 Ngajum

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Materi Teks Cerpen Kelas IX SMP PGRI 2 Ngajum

Sheryl Angelia Meisy Salam, - Nama Orang; Dr. Rahutami, M.Hum. - Nama Orang; Suryantoro, M.Pd. - Nama Orang;

Pada masa sekarang modul sangat diperlukan untuk pembelajaran mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran menulis
cerita pendek berbasis pengalaman (Experiential Learning) untuk siswa kelas IX
SMP/MTS.
Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Bord &
Gall. Data yang diperoleh dari angket, wawancara, validasi produk oleh para ahli,
dan uji coba produk. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis data
kualitatif, sedangkan data hasil angket, validasi produk, dan uji coba dianalisis
dengan teknik analisis kuantitatif.
Adapun hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 87,5%
menunjukkan kategori sangat layak, pada validasi ahli media diperoleh presentase
sebesar 81% menunjukkan kategori sangat layak digunakan, pada validasi ahli
bahasa diperoleh presentase sebesar 75% menunjukkan kategori layak digunakan.
Secara keseluruhan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman ini
layak digunakan dan mampu meningkatkan keberhasilan siswa.
Saran penelitian ini adalah perlu pengembangan modul tertenu untuk
membantu kinerja siswa. Diharapkan adanya penelitian lebih lanjut, modul ini
dapat dikembangkan pada materi yang lebih luas baik pada pembelajaran materi
teks cerpen maupun pada materi lainya dengan pendekatan serupa maupun
pendekatan lainya. Modul ini juga diharapkan dapat digunakan peneliti
selanjutnya untuk menguji keefektifan modul berbasis pengalaman pada materi
teks cerpen


Ketersediaan
SB00531SKKI 410 SAL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 SAL p/s
Penerbit
Malang : Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xii, 109hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Modul pembelajaran
Skripsi
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
Pembelajaran berbasis pengalaman
Teks cerpen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik