Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita 
Fantasi melalui Media Gambar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Pakisaji, Malang

Electronic Resource

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi melalui Media Gambar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Pakisaji, Malang

Sekar Laila Azizah - Nama Orang; Suryantoro, M.Pd - Nama Orang; Dr. Hadi Wardoyo, M.Pd. - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi
melalui media gambar siswa kelas VIII C di SMPN 1 Pakisaji. Penelitian ini
dilakukan berdasarkan pengamatan dan observasi secara langsung di sekolah bahwa
dalam kegiatan pembelajaran menulis siswa seringkali mengalami kesulitan. Hal
tesebut disebabkan (1) siswa masih kurang terampil merangkai kata menjadi
kalimat yang utuh, (2) siswa kesulitan dalam menentukan cerita, (3) siswa kesulitan
dalam memperoleh ide dan mengembangkannya menjadi sebuah cerita.
Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data melalui observasi, tes,
wawancara dan angket. Pengumpulan data tersebut dilaksanakan dalam II siklus
yaitu siklus I dan siklus II. Se langkah,iap siklus meliputi empat langkah, yaitu: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Pakisaji, yang terdiri dari 32 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis cerita fantasi siswa
yang signifikan.
Aktivitas belajar siswa menunjukkan hasil yang lebih baik pada siklus II
karenakan ada perbaikan dan peningkatan yang dilakukan berdasarkan refleksi dan
evaluasi dari siklus sebelumnya. Perbaikan tersebut mencakup (1) proses
pembelajaran (2) media pembelajaran (3) teknik mengajar dan (4) bentuk
penugasan. Selain itu, peningkatan kemampuan menulis siswa dapat dilihat dari
rata-rata nilai. Pada siklus I dengan nilai siswa rata-rata 77 dan pada siklus II nilai
siswa rata-rata 88. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 11 skor. Hal tersebut
menunjukkan bahwa media gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan
menulis cerita fantasi dan dapat diterapkan sesuai kebutuhan. Tindak lanjut
penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran
kreatif.


Ketersediaan
SB00529SKKI 410 AZI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 AZI p/s
Penerbit
Malang : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Unikama., 2024
Deskripsi Fisik
xiv, 88hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
Cerita fantasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik