Electronic Resource
Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi melalui Media Gambar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Pakisaji, Malang
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi
melalui media gambar siswa kelas VIII C di SMPN 1 Pakisaji. Penelitian ini
dilakukan berdasarkan pengamatan dan observasi secara langsung di sekolah bahwa
dalam kegiatan pembelajaran menulis siswa seringkali mengalami kesulitan. Hal
tesebut disebabkan (1) siswa masih kurang terampil merangkai kata menjadi
kalimat yang utuh, (2) siswa kesulitan dalam menentukan cerita, (3) siswa kesulitan
dalam memperoleh ide dan mengembangkannya menjadi sebuah cerita.
Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data melalui observasi, tes,
wawancara dan angket. Pengumpulan data tersebut dilaksanakan dalam II siklus
yaitu siklus I dan siklus II. Se langkah,iap siklus meliputi empat langkah, yaitu: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Pakisaji, yang terdiri dari 32 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis cerita fantasi siswa
yang signifikan.
Aktivitas belajar siswa menunjukkan hasil yang lebih baik pada siklus II
karenakan ada perbaikan dan peningkatan yang dilakukan berdasarkan refleksi dan
evaluasi dari siklus sebelumnya. Perbaikan tersebut mencakup (1) proses
pembelajaran (2) media pembelajaran (3) teknik mengajar dan (4) bentuk
penugasan. Selain itu, peningkatan kemampuan menulis siswa dapat dilihat dari
rata-rata nilai. Pada siklus I dengan nilai siswa rata-rata 77 dan pada siklus II nilai
siswa rata-rata 88. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 11 skor. Hal tersebut
menunjukkan bahwa media gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan
menulis cerita fantasi dan dapat diterapkan sesuai kebutuhan. Tindak lanjut
penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran
kreatif.
| SB00529S | KKI 410 AZI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain