Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VII SMP Islam Donomulyo
Kemampuan membaca puisi merupakan unsur penting dalam kegiatan
apresiasi sastra, karena melalui aktivitas membaca dan melafalkan puisi, siswa
dapat belajar untuk mengapresiasi sekaligus mengekspresikan karya sastra.
Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VII di SMP Islam Donomulyo,
ditemukan adanya kendala dalam membaca teks puisi. Kendala tersebut meliputi
kurang lancarnya kemampuan membaca awal siswa, rendahnya minat membaca
khususnya terhadap puisi, kurangnya kreativitas guru dalam memilih model atau
metode pembelajaran, lemahnya motivasi yang diberikan kepada siswa, serta
kesulitan siswa dalam memahami arahan guru mengenai teknik membaca puisi
yang baik dan benar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian
dengan menerapkan metode demonstrasi guna meningkatkan kemampuan
membaca puisi siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca puisi
dengan metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Islam Donomulyo.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas
(Class action reasearch) yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan sebanyak enam
kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi : perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam
Donomulyo sebanyak 26 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca puisi pada
siswa kelas VII SMP Islam Donomulyo dengan menggunakan metode demonstrasi
dapat meningkat setelah melalui beberapa tahapan siklus, dari siklus I ke siklus II.
Peningkatan aspek dari nilai rata-rata siswa yang meningkat dari siklus I
didapatkan hasil 54,7% dalam kategori rendah kemudian pada siklus II
mendapatkan hasil 86,4% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi menggunakan
metode demonstrasi pada siswa kelas VII SMP Islam Donomulyo mengalami
peningkatan.
| SB00521S | KKI 410 ANZ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain