Electronic Resource
Pengembangan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality Untuk Menunjang Eksplorasi Karir Siswa Smp Negeri Di Kota Malang
Urgensi pemberian layanan Bimbingan dan Konseling karir sebagai bantuan yang diberikan
oleh siswa untuk memenuhi kebutuhannya terhadap informasi karir yang akan dihadapi guna
memudahkan dalam mengambil keputusan dan menentukan pilihan karir yang sesuai dengan dirinya.
Ekplorasi karir berguna membantu individu dalam mengembangkan dan memperdalam pemahamannya
terkait bakat, minat dan potensi yang dimiliki dengan demikian individu mampu memetakan,
menentukan dan memiliki gambaran atas keputusan karir masa depan yang lebih terarah. Pelayanan
Bimbingan dan Konseling adalah salah satu upaya yang diberlakukan guna membantu memfasilitasi
siswa memenuhi kebutuhan dalam hidupnya khsusnya pada bidang karir. Guru Bimbingan dan
Konseling sebagai penyedia layanan berupaya dalam memberikan layanan yang berkualitas,
sehubungan dengan pemberian layanan tersebut perlu adanya media pendukung pemberian layanan
salah satunya adalah pengembangan media interaktif berbasis Augmented Reality. Tujuan dilakukan
penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk berupa media yang memanfaatkan
kemajuan teknologi di era moderenisasi 4.0 media interaktif berbasis Augmented Reality untuk
membantu meningkatkan eksplorasi karir siswa SMP Negeri di Kota Malang yang akseptabel dan
memenuhi kriteria standar evaluasi kegunaan (utility), kelayakan (fesibility), kepatutan (propriety, dan
ketepatan (accuracy).
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau RnD (Research and
development) dan mengadopsi kepada model ADDIE (Analyze, Design, Development, and Evaluation).
Subjek penelitian adalah guru di SMP Negeri 20, 12, dan 29 Malang, dipilih secara random sampling.
Desain implementasi yang digunakan dalam penelitian ini ada pre-experiment one group pre-test posttest.Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilaian standar evaluasi produk
expert judgment untuk penilaian (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli calon pengguna, dan
pengguna) dan skala eksplorasi karir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian pengembangan media interaktif berbasis Augmented Reality ini diperoleh ratarata keseluruhan uji ahli berdasarkan kegunaan sebesar 94% (Sangat berguna), kelayakan 89% (sangat
layak), kepatutan 91% (sangat patut), dan ketepatan 93% (sangat tepat). Uji efektifitas layanan yang
dilakukan pada lapangan terbatas kepada satu kelompok bimbingan karir yang berjumlah 6 siswa,
ditemukan hasil bahwa layanan yang dilakukan dengan menggunakan media interaktif berbasis
Augmented Reality menunjukkan adanya perbedaan Tingkat eksplorasi siswa sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan ditunjukkan berdasarkan output uji paired T-test sebesar 17,269 dengan nilai
signifikasi 0,000. Artinya, media yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan eksplorasi
karir siswa di sekolah. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas penelitian tentang
pengembangan media AR pada bidang Bimbingan dan Konseling, mampu meningkatkan keterampilan
kognitif, afektif, dan sikomotorik, serta dalam pengambilan data diharapkan dapat menggunakan
instrumen dengan hasil sikometri yang sangat baik agar hasil yang diperoleh lebih efektif.
| SB00519S | KKI 371.4 CAH d/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain